Beberapa Prospek Lulusan Prodi:

1. Application Developer(Android/ Ios)

Perkembangan dunia teknologi khusus smartphone atau Telephone pintar begitu pesat, Dengan adanya smartphone maka lahirlah aplikasi-aplikasi yang  bisa memanjakan dan memudahkan kehidupan kita. prospek  inilah yang menjadi peluang lulusan didunia kerja.

 2. Computer Engineering

Computer Engineering sering disebut juga teknik komputer. Tugas dari profesi ini akan sangat berkaitan dengan sistem komputer. Entah itu membangun jaringan yang nantinya digunakan untuk transfer data, mengembangkan teknik-teknik membuat komputer agar lebih cepat, mobile, dan lain sebagainya. Profesi ini juga bertugas untuk menganalisa, menemukan, bahkan memecahkan masalah pada sistem komputer. Computer engineering fokusnya yaitu pada perangkat keras dan lunak.

3. Data Analyst

Istilah lain dari Data Analyst adalah Business Data Analyst. Apa sih yang dilakukan oleh orang yang berprofesi sebagai data analis ? Berikut uraiannya :

  • Tugas utama profesi ini adalah mengumpulkan data
  • Setelah informasi dikumpulkan maka akan dilakukan pengklasifikasian/ pengorganisasian
  • Terakhir seorang data analis akan menjadikan data yang sudah diolah menjadi informasi yang bermanfaat bagi perusahaan ataupun hal lainnya.

4. Database Administrator

Database Administrator merupakan profesi yang tugas utamanya adalah merancang, mengimplementasikan, memaintenance, dan melakukan perbaikan pada database. Ini akan berkaitan dengan programmer. Database Administrator juga biasanya melakukan pengembangan, desain, pemantauan, dan peningkatan kinerja dari kapasitas database untuk kebutuhan di masa depan.

Tertarik untuk menjadi Database Administrator ? Berikut kualitifikasinya :

  • Menguasai teknologi database relasional seperti : Oracle, DB2, Ms. Access, Sybase dan lainnya
  • Kemampuan troubleshooting yang baik untuk menentukan kesalahan operasi database
  • Mampu memahami data dan penggunaannya
  • Manajemen proses yang baik untuk memecahkan masalah sangat dibutuhkan dalam hal ini
  • Berpikir kritis
  • Bisa menggunakan logika dan alasan untuk memecahkan masalah

5.  Developer UI dan UX

User Interface (UI) Developer merupakan pekerjaan yang sangat mirip dengan web designer. Perbedaan utamanya yaitu jika web designer hanya mendesain web saja UI Developer harus bisa mendesain tampilan aplikasi baik desktop, web, ataupun mobile.

Sedangkan User Experience (UX) adalah profesi yang bertanggung jawab terhadap pengalaman pengguna pada saat mengakses suatu sistem (aplikasi web /desktop/ mobile ). Mereka akan sangat mendetail sekali terhadap layout sebuah aplikasi dan juga sistem kerja suatu aplikasi apakah merumitkan atau memudahkan.

6.  Enterprise Resource Planning (ERP)

Aplikasi ERP merupakan software yang bisa memenuhi kebutuhan sebuah perusahaan untuk mengintegrasikan semua aktifitasnya baik itu proses bisnis ataupun organisasi. Dengan harapan kemudahan proses bisnis dan organisasi yang membaik, tidak jarang suatu perusahaan / instansi berani menggelontorkan dana yang cukup besar untuk mengaplikasikan ERP ini.0

7.  Game Developer

Menurut penelitian yang dilakukan oleh we are social pada tahun 2018 orang Indonesia menghabiskan waktu berinternet salah satunya untuk bermain game. Itu artinya game merupakan salah satu industri yang menjanjikan. Game developer  tugas utamanya adalah mengembangkan sebuah game seperti : mendesai dan merancang alur game. Di Indonesia sendiri sudah banyak startup dibidang game diantaranya yaitu : Agate Studio dan Educa Studio.

 8.  Software Engineer

Software Engineer sering juga disebut Rekayasa Perangkat Lunak. Pada tingkat SMK juga sudah ada jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Biasanya pekerjaan software engineer yaitu :

  • Mengembangkan software
  • Maintenance software
  • Manajemen organisasi

 9. IT Planner

Tugas utama dari seorang IT Planner yaitu  merencakan kebutuhan Teknologi informasi yang akan digunakan pada sebuah perusahaan. Dengan demikian IT Planner harus selalu mengupdate pengetahuannya tentang teknologi informasi terbaru. Karena teknologi yang diimplementasikan saat ini akan berbeda fungsi dan keunggulannya beberapa tahun kemudian.

 10.  Graphic Designer

Jika kamu sangat menyukai dunia desain dan memiliki bakat yang mumpuni maka pekerjaan ini cocok sekali untukmu.

Graphic designer merupakan salah satu pekerjaan yang populer di era modern seperti sekarang ini. Tugas utamanya sangat jelas yaitu menyampaikan informasi ( contoh : brosur, logo, foto)  kepada hal layak tentang sesuatu hal melalui sebuah desain baik berupa gambar, teks dan lainnya.

Pelajari cara menggunakan tools berikut untuk menjadi Graphic Desinger :

  • Photoshop
  • Ilustrator
  • Corel Draw

11.  Network  Security

Network Security ( Keamanan Jaringan)  merupakan salah satu  pekerjaan yang banyak dibutuhkan saat ini karena banyaknya implementasi teknologi komputer dan jaringan pada sebuah perusahaan untuk menunjang proses bisnisnya.
Dimulai dari skala yang kecil sampai dengan besar jaringan komputer akan selalu membutuhkan pengaturan baik dari segi hardware ataupun software.

Berminat menjadi network security ? Silahkan pelajari hal-hal berikut :

  • Kuasai teori dan praktek tentang teknik komputer
  • Fungsi berbagai macam perangkat jaringan dan juga pelajari cara-cara konfigurasinya
  • Fungsi routing dan cara penggunaannya
  • Pelajari tentang keamanan jaringan komputer

12.  Web Developer

Web Developer merupakan profesi yang paling banyak diminati oleh orang-orang berlatar belakang IT. Tugas utama dari web developer adalah mengembangkan / merancang website.

Web developer dibagi 3 bagian :

  1. Front End Developer : profesi ini hanya bertugas merancang antarmuka / tampilan sebuah website. Tampilan sidebar, header, menu navigasi, dan footer adalah buah tangan dari front end.
  2. Back End Developer: profesi ini bertugas memberikan aksi untuk melakukan sesuatu dari sebuah web. Mengisi formulir dan menekan tombol kirim merupakan hasil buah tangan dari back end.
  3. Fullstack Developer: profesi ini memiliki kemampuan front end dan juga back end. Super sekali ya

13.  Project Management

Ketika akan membuat sebuah aplikasi atau software pada sebuah perusahaan pasti akan selalu berkaitan dengan :

  • Tim kerja mulai dari penanggung jawab, programmer, dan lainnya
  • Jadwal mulai pengerjaan sampai dengan rilis aplikasinya
  • Pembiayaannya
  • Laporan dari semua pembuatan, rilis, dan maintenance

Jika saja sebuah perusahaan tidak mengaplikasikan manajemen proyek maka setiap proyek tidak akan selesai dengan baik. Entah itu dari tim kerja, biaya, dan laporan. Maka itulah pentingnya mengapa sebuah perusahaan biasanya merekrut seorang yang ahli dibidang Project Management khususnya dibidang IT.

14.  Freelancer

Dengan menjadi freelancer tidak berarti kamu akan terbebas dari pusing akan pekerjaan, penghasilan yang kecil, dan kebebasan waktu.

 

15.  Membangun Startup

Startup kian menjamur di Indonesia. Apalagi pemerintahan sekarang sedang gencar-gencarnya mencanangkan gerakan 1000 startup ditaun 2020. Startup merupakan perusahaan rintisan berbasis digital. Rata-rata pendiri startup bahkan sudah menjadi perusahaan yang mendunia adalah orang-orang yang dibangun oleh orang-orang yang berlatar belakang IT. Beberapa orang IT yang sukses membangun perusahaan dibidang IT yaitu :

  • Bill Gates: Mendirikan Microsoft
  • Mark Zuckerburg: Mendirikan Facebook
  • Ahmad Zacky: Mendirikan Bukalapak
  • Andrew Darwis: Mendirikan Kaskus